Pages

Resensi Buku SKRIPSHIT, karya Alitt Susanto, Penerbit Bukune.


SKRIPSHIT, buku ini sudah lama saya dengar, tapi baru bisa saya baca sekarang. Saya bersyukur bisa membaca buku ini. Karena isi bacaan yang menarik, mudah dimengerti, dan bikin ngakak mempesona. Banyak kandungan tawa pada buku ini, yang secara langsung tidak akan membuat bosan kepada para pembaca, karena Alitt punya joke-joke versi sendiri yang tak kalah lucu dengan joke-joke versi penulis komedian lain.
Buku ini bercerita tentang MAPALA, atau kepanjangan dari Mahasiswa Paling Lama, yang tak lain adalah Alitt sendiri. Di SKRIPSHIT ini menceritakan kisah Alitt semasa SD, STM, sampai akhirnya memilih kuliah di Yogyakarta. Banyak kisah suka duka yang Alitt lalui selama kuliah di Jogja. Mulai dari kisah cintanya, sampai Alitt menguntip kalimat “Cinta pandangan pertama, dan ilfeeel pada pandangan berikutnya”, karena dulu Alitt pernah suka dengan seorang wanita cantik, namun ternyata wanita tersebut masuk ke dalam golongan IWAJO (Ikatan Waria Jogja). *seketika pingsan*
Lalu kisah perkawanannya dengan Diko, teman baik Alitt saat di kampus. Di sini Alitt menceritakan kisah tentang Diko yang terbilang ganjil. Di mana mahasiswa monoton seperti Diko bisa tersulap oleh sihir cinta. Diko mahasiswa yang tadinya kutu buku dan selalu serius dengan kuliah, tiba-tiba berubah menjadi mahasiswa yang menomorsatukan kisah asmaranya setelah mengenal cinta pada seorang wanita.
Banyak kekonyolan yang Alitt ceritakan di SKRIPSHIT yang bikin pembaca tertawa. Mungkin Alitt menulis kekonyolan atau kepahitannya di buku ini sambil nangis-nangis di atas rel, sedangkan kita sebagai pembaca hanya sekedar tertawa di atas penderitaaan Alitt. Tapi tak masalah, anggap saja itu dukanya seorang penulis yang sekaligus menjadi seorang MAPALA. *ditimpuk*
Meskipun banyak kekonyolan yang Alitt ceritakan semasa kuliahnya, tapi kita bisa mengambil sisi positipnya. Banyak hal yang kita pelajari dan kita skip dari SKRIPSHIT ini. karena SKRIPSHIT menceritakan tentang orientasi kampus pada jaman sekarang yang sudah berubah, sampai Alitt membuat skema kampus yang pernah saya alami juga. Dan saya yakin, banyak mahasiswa-mahasiswa lain yang mengalami skema tersebut. Bisa dibilang, buku ini adalah perwakilan dari ruang lingkup mahasiswa-mahasiswa konyol lainnya. Huahaha.
Di SKRIPSHIT juga memberikan banyak tips yang “nyeleneh”, namun kalau kita nggak cupu, kita bisa nge-skip tips-tips tersebut. Seperti, Tips Sesat ala Mahasiswa Abadi, Tips Menjadi Mahaiswa Abadi, Tips Hemat ala Anak Kos, Tips Menghadapi Cewek PMS, dan Tips Buat Ngajak Kenalan. Dilihat dari judul tips-nya, Alitt itu terlihat nyeleneh plus ngeselin ya? Iya.
Saya suka dengan buku ini. Cara kepenulisannya terbilang kreativ dan joke-nya tidak garing. Ada unsur-unsur kisah pada cerita SKRIPSHIT ini yang dapat membangun kehidupan, karena banyak juga kalimat-kalimat bijak yang terkandung di dalamnya.

Maulana Setiadi

Terobsesi masuk surga.

1 comment:

Janda Muda said...

Hehe kayaknya menarik nih buku yang satu ini